Sunday, February 28, 2016

Soal Ujian Tengah Semester

Set5elah interaksi edukatif enam (6) kali pertemuan, yaitu mulai dari Januari sampai Akhir Pebruari 2016 maka diadakan ujian pertama yang disebut UTS. Ujian Tengah Semester STT IKSM Santosa Asih Jakarta untuk mata kuliah Entrpreneurship diadakan tanggal, 29 Februari 2016. Ada sejumlah soal yang diberi untuk menguji perubahan yang telah terjadi dalam diri peserta didik (mahasiswa) STT IKSM Santosa Asih yang telah mengikuti proses perkuliahan selama enam kali pertemuan. Adapun soal UTS sbb:
Jawaban soal dapat dilakukan melalui dua pilihan: Lembar jawaban online melalui kolom "Komentar" dengan menulis nama dan Nim serta jawabannya. Pilihan kedua adalah jawaban soal melalui lembar manual (konfensional) melalui lembar jawaban yang disediakan sekolah.

Soal MK. Entrepreneur:



1.     Etimologi entrepreneur dan wirausaha
2.     Definisi KamusMiriam Webster  ttg entrepreneur
3.     Beberapa pengertian konseptual ttg entrepreneur dan kewirausahaan
4.     Jelaskan core dari entrepreneur
5.     Jelaskan refleksi teologis ttg entrepreneur dan contoh-contoh entrepreneur dalam Alkitab
6.     Dalam konteks entrepreneur Kristen, kita telah merumuskan dua kelompok entrepreneur. Sebutkan dan jelaskan dua entrepreneur itu!
7.     Apakah semua orang punya kemampuan entrepreneur? Beri penjelasan atas jawaban Anda
8.     Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis entrepreneur

Selamat menjawab dalam lembaran GoBlog atau manual.

Dosen GoBlog Mata Kuliah Entrepreneur
Dr. Yonas Muanley, M.Th.

7 comments:

  1. Nama : Ika Ferawati Sagala
    Semester : VIII ( Delapan)
    NIM : 12-608
    Jawabannya:
    1. Pengertian enterpreneur secara etimologi dan wirausaha
    Kata entrepreneur berasal dari bahasa Prancis, dalam bahasa Inggris entrepreneurship, sedangkan dalam bahasa Jerman ondernemen, dalam bahasa Indonesia adalah kewirausahaan. Sedangkan wirausaha adalah seseorang melakukan kegiatan usaha dengan berani dan yang memiliki kreasi dan inovatif dalam pemikirannya serta berani untuk mengambil resiko yang ada.
    2. Arti enterpreneur dalam kamus meriam webster
    Entrepreneur adalah sebuah organisasi dimana ada orang yang mengorganisir , mengelola , dan mengasumsikan resiko bisnis atau perusahaan
    3. Pengertian konseptual mengenai entrepreneur dan kewirausahaan
    Arti Entrepreneurhip secara konseptual: entrepreneur adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Sedangkan wira usaha adalah kemampuan berdiri sendiri dalam menjalankan usahanya dan pekerjaannya guna mencapai tujuan pribadinya, keluarganya, masyarakat, bangsa dan negaranya.
    4. Core dari enterpreneur adalah dapat mengatasi masalah yang ada atau yang terjadi. Misalnya dalam membuat atau memperluas lapangan kerja tentu hal ini dapat mengatasi atau mengurangi tingkat angka pengangguran.
    5. Refleksi teologis entrepreneur dan contoh-contoh entrepreneur dalam Alkitab
    Dalam refleksi teologis Kristen, entrepreneur Kristen diartikan kreativitas dan inovasi yang dimotovasi oleh kasih dan disediakan khusus untuk melayani sesama dalam mengatasi masalah yang sesuai dengan prinsip-prinsip Alkitab. Artinya entrepreneur tidak dapat dipisahkan dari kesaksian Alkitab. Akan tetapi Alkitab bukan kitab khusus tentang entrepreneur, melainkan firman Allah. Firman Allah adalah benar, oleh karena benar maka gagasan tentang entrepreneur ada dalam Alkitab. Cth, Kejadian 1:27, dan 2:15
    6. Dalam konteks entrepreneur Kristen, dua kelompok entrepreneur
    Entrepreneur akan mampu mengubah padang ilalang menjadi kota baru, atau mengubah tempat pembuangan sampah menjadi resor yang indah. Entrepreneur bisa mengubah kawasan kumuh menjadi gedung pencakar langit tempat ribuan orang bekerja dan beraktivitas. Entrepreneur adalah orang yang mampu merubah kotoran dan barang rongsokan menjadi emas.

    7. Apakah semua orang punya kemampuan entrepreneur? Beri penjelasan atas jawaban anda.
    Menurut saya tidak. Karena masing-masing orang memiliki kemampuan yang berbeda dan belum siap untuk mengambil resiko yang ada.

    8. Jenis-jenis entrepreneur
    Business Entrepreneur yaitu owner atau para pencipta dan pemilik bisnis, dan professional atau orang yang memiki daya entrepreneur. Government Entrepreneur adalah seorang pemimpin yang mengelola dan menumbuhkan semangat dengan jiwa kecakapan entrepreneur.
    Academic entrepreneur adalah menggambarkan akademisi yang mengajar atau mengelola lembaga pendidikan dengan pola dan gaya entrepreneur sambil tetap menjaga tujuan mulia pendidikan. Sosial entrepreneur adalah para pejuang social dan para pendiri organisasi-organisasi soasial kelas dunia

    ReplyDelete
  2. Nama : Yunelety Giden Jinan
    Semester : VIII (Delapan)
    Jurusan : Teologi
    Mata Kuliah : Entrepreneur
    Dosen : Dr. Yonas Muanley, M.Th
    Tanggal Ujian : 29 Februari 2016

    Jawaban
    1. Secara Etimologi Entrepreneur berasal dari bahasa Prancis, dalam bahasa Inggris Entrepreneurship, bahasa Belanda Unternehmer dan bahasa Jerman Ondernemen serta dalam bahasa indonesia disebut Kewirausahaan. Wirausaha berarti kontraktor,

    2. Definisi kamus Miriam Webster mengenai Entrepreneur adalah seseorang yang mengorganisir, mengelola serta memperhitungkan resiko dari sebuah usaha bisnis.
    3. pengertan konseptual
    -adalah orang yang mampu memanfaatkan peluang usaha yang ada di depan matanya dalam meningkatkan kehidupannya, sehingga dapat dikatakan bahwa semua orang memiliki jiwa entrepreneur. Dengan kata lain, semua orang memiliki kemampuan untuk bertindak mandiri baik untuk diri sendiri, masyarakat dan lingkungan sosial dimanapun ia berada.
    - Menurut Kasmir entrepreneur adalah orang yang berani untuk mengambil resiko dan membuka usahanya dalam berbagai macam kesempatan (orang yang peka memanfaatkan peluang. Seseorang tersebut berarti memiliki mental yang mandiri dan tidak bergantung pada usaha orang lain dengan keberanian yang tinggi tanpa takut dan cemas akan hasil yang ia peroleh.

    4. Core/Inti dari Entrepeneur adalah "Kreativitas" dan "Inovasi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih karena Anda telah menjawab soal ujian tengah semester secara online. Kiranya menginspirasi gairah dunia edukasi Indonesia

      Delete
    2. sama-sama pak. Hal baru dan menyenangkan

      Delete
  3. 5. Refleksi Teologis tentang Entrepreneur dalam Alkitab ialah menekankan pada aspek "Kreativitas" dan "inovasi" sebagai solusi untuk mengatasi masalah dalam kehidupan manusia. Di dalam Kekristenan, "Kreativitas" dan "inovasi" ini didorong oleh motivasi kesediaan khusus untuk mengatasi masalah berdasarkan prinsip-prinsip Alkitab. Akan tetapi Kata entrepreneur tidak ditemukan dalam Alkitab tetapi ide dan praktik tentang entrepreneur disaksikan dalam Alkitab. Alkitab memakai kata 'segambar' dan 'serupa'. Karena manusia dicipta segambar dan serupa dengan Tuhan, maka ada pada manusia kemampuan kreativitas dan inovatif. Dalam Kejadian 1:27, dan 2:15 menunjukan adanya entrepreneur dalam Alkitab. Dorongan untuk Kreatif dan inovasi diberikan oleh Allah kepada manusia.

    Contoh-contoh Entrepreneur dalam Alkitab
    Adam dan Hawa sebagai pengusaha pertama yang mengusahakan seluruh isi alam, dengan kretif dan inovatif. Mereka adalah Pemula/orang pertama yang berkreativitas.
    -Abraham, salah satu usahanya adalah ternak
    -Solomo menjadi orang yang mengambil keuntungangan dari rute-rute perdagangan
    -Paulus Mengusahakan Tenda untuk menunjang pelayanannya.
    -Lidia sebagai Penjual kain ungu.
    -Lukas sebagi seorang Dokter

    6.Dalam Konteks Kekristenan, 2 Kelompok entrepreneur yaitu
    -Pertama, Entrepreneur Ekonomi/Jasmani , yaitu seseorang yang memiliki kemandirian dan keberanian bertindak berdasarkan 'Kreatifitas' dan 'inovasi' (memiliki daya cipta) yang dimiliki untuk memulai usaha baru yang menghasilkan keuntungan Finansial dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari (Seorang Pengusaha yang mengusahakan suatu usaha). Contoh : Bisnis Gorengan, Aneka Keripik, Tas House Made, Sayur Organik, MLM dll.
    -Kedua, Entrepreneur Rohani seorang yang mampu berbreasi dan berinovasi dalam bidang pelayanan Rohani. Contohnya membuka Pos PI, pelatihan kreatifitas bernilai jual untuk anggota jemaat, membuka Sekolah Minggu, Perintisan Gereja,Pelatihan Pelayanan anak, musik, Wl, dan lain sebagainya.
    pada Intinya, seorang entrepreneur Kristen adalah seperti seorang yang dalam kepemimpinannya mampu mengubah padang ilalang menjadi kota baru, atau mengubah tempat pembuangan sampah menjadi resort yang indah untuk di huni.

    7. Semua orang sesungguhnya diberikan kemampuan untuk entrepreneur/berwirausaha.
    Karena setiap orang memiliki Kreatifitas dan Inovasi pada dirinya masing-masing (memiliki gamabar dan Rupa Allah dalam dirinya)sehingga sebenarnya semua orang dapat berwirausaha, namun tergantung apakah ia seorang berani mengambil keputusan atau tidak. Karena seorang entrepreneur harus memiliki keberanian yang tinggi untuk mengambil dan menerima resiko yang harus di ambil. Kreativitas, inovasi dan keberanian menjadi Faktor penentu.

    8.Jenis-jenis Entrepreneur
    - Bussines Entrepreneur, berarti Ada dua macam, yaitu: Owner atau pencipta dan pemilik bisnis, dan professional entrepreneur yaitu orang-orang yang memiki jiwa entrepreneur, dan membaktikannya di perusahaan milik orang lain.
    -Government entrepreneur. Contohnya adalah : Lee Kuan Yeow, Ia adalah seorang mantan perdana menteri Singapura. Ia memimpin yang mengelola dan menumbuhkan Singapura dengan jiwa kecakapan entrepreneur sehingga berpengaruh bagi kemajuan Negara singapura sendiri.
    - Academic entrepreneur. Ini berarti Menggambarkan akademisi yang mengajar atau mengelola lembaga pendidikan cara entrepreneur sambil tetap menjaga tujuan mulia pendidikan (Para pengajar Entrepreneur atau mengajar dengan Jiwa Entrepreneur).
    -Sosial entrepreneur. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah para pejuang sosial dan para pendiri organisasi dibidang sosial dan berdampak pada kehidupan masyarakat banyak.

    *Terima Kasih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih karena Anda telah menjawab UTS secara online

      Delete